Penyebab motor 4 tak mengeluarkan asap putih



Penyebab motor 4 tak mengeluarkan asap putih
http://abangirengku.com/wp-content/themes/NewWave/images/date.png
Seharusnya motor empat langkah atau 4 tak pada pipa pembuangan/knalpot tidak mengeluarkan asap.baik itu asap berwarna hitam ataupun warna putih sekalipun.
Apabila motor kesayangan anda mengeluarkan asap berwarna putih, berarti motor anda mengalami problem pada bagian mesin nya.
Apasih Penyebab motor 4 tak mengeluarkan asap putih? Inilah penyebab nya:
Penyebab utama motor mengeluarkan asap putih terjadi karna adanya oli yang ikut terbakar di dalam ruang bakar.dalam proses pembakaran untuk motor 4 tak,oli yang nyelonong ikut masuk di ruang bakar sangat merugikan dan mengganggu.
Kemudian kenapa oli mesin kok bisa masuk di ruang bakar?
Inilah penyebabnya:

1)-ring piston sudah lemah
Ring piston yang sudah uzur biasa nya ukuran tidak presisi lagi dengan liner.itu terjadi akibat gesekan yang terus menerus dengan dinding liner. Inilah yang menjadi celah untuk oli bisa masuk di ruang bakar.
2)-dinding liner baret (tergores)
Oli bisa juga masuk lewat celah-cela dinding liner yang baret.penyebab dinding liner baret,akibat penggunaan oli yang kualitas nya kurang bagus.
3)-dinding liner terkikis
Walaupun dinding liner tidak baret,oli bisa saja masuk di ruang bakar,itu terjadi karena dinding liner sudah dimakan usia.kemudian adanya gesekan terus menerus dengan piston dan ring piston,belum lagi panas mesin yang ikut andil dalam proses pengikisan dinding liner ini makin memperparah liner cepat terkikis.
4)seal kelep bocor
Seal kelep bocor biasa terjadi akibat seal yang sudah tidak elastis lagi (kaku) .penyebab nya karna adanya gesekan dengan batang kelep dan panas mesin.
Untuk mengatasi masalah di atas kita harus melakukan over size.untuk urutan over size sendiri ada beberapa ukuran misal:dari nol (0) di over size menjadi 25 dari 25 menjadi 50 kemudian 75,hingga di 100.apabila sampai 100 liner di ganti dengan liner baru,liner kembali lagi dari nol (0) atau ukuran standarnya.itulah urutan over size untuk ukuran motor harian atau motor standar.
Jangan lupa ganti juga seal kelep nya sekalian untuk mengantisipasi terjadinya kebocoran oli lagi.
Semoga bermanfaat….

0 komentar: