Penyebab motor 4 tak mengeluarkan asap putih



Penyebab motor 4 tak mengeluarkan asap putih
http://abangirengku.com/wp-content/themes/NewWave/images/date.png
Seharusnya motor empat langkah atau 4 tak pada pipa pembuangan/knalpot tidak mengeluarkan asap.baik itu asap berwarna hitam ataupun warna putih sekalipun.
Apabila motor kesayangan anda mengeluarkan asap berwarna putih, berarti motor anda mengalami problem pada bagian mesin nya.
Apasih Penyebab motor 4 tak mengeluarkan asap putih? Inilah penyebab nya:
Penyebab utama motor mengeluarkan asap putih terjadi karna adanya oli yang ikut terbakar di dalam ruang bakar.dalam proses pembakaran untuk motor 4 tak,oli yang nyelonong ikut masuk di ruang bakar sangat merugikan dan mengganggu.
Kemudian kenapa oli mesin kok bisa masuk di ruang bakar?
Inilah penyebabnya:

1)-ring piston sudah lemah
Ring piston yang sudah uzur biasa nya ukuran tidak presisi lagi dengan liner.itu terjadi akibat gesekan yang terus menerus dengan dinding liner. Inilah yang menjadi celah untuk oli bisa masuk di ruang bakar.
2)-dinding liner baret (tergores)
Oli bisa juga masuk lewat celah-cela dinding liner yang baret.penyebab dinding liner baret,akibat penggunaan oli yang kualitas nya kurang bagus.
3)-dinding liner terkikis
Walaupun dinding liner tidak baret,oli bisa saja masuk di ruang bakar,itu terjadi karena dinding liner sudah dimakan usia.kemudian adanya gesekan terus menerus dengan piston dan ring piston,belum lagi panas mesin yang ikut andil dalam proses pengikisan dinding liner ini makin memperparah liner cepat terkikis.
4)seal kelep bocor
Seal kelep bocor biasa terjadi akibat seal yang sudah tidak elastis lagi (kaku) .penyebab nya karna adanya gesekan dengan batang kelep dan panas mesin.
Untuk mengatasi masalah di atas kita harus melakukan over size.untuk urutan over size sendiri ada beberapa ukuran misal:dari nol (0) di over size menjadi 25 dari 25 menjadi 50 kemudian 75,hingga di 100.apabila sampai 100 liner di ganti dengan liner baru,liner kembali lagi dari nol (0) atau ukuran standarnya.itulah urutan over size untuk ukuran motor harian atau motor standar.
Jangan lupa ganti juga seal kelep nya sekalian untuk mengantisipasi terjadinya kebocoran oli lagi.
Semoga bermanfaat….

Pengapian cdi motor



Mengingat fungsinya adalah sebagai ‘otak’ pengapian… peranan CDI dalam mendongrak performance cukup penting …!!! Mau air fuel mix rationya besar juga… kalau CDI nya ada limiternya juga… nggak bakalan bisa lari …!!! Pabrikan motor juga paling masang CDI standard yang pake limiter… dan jika dipikirkan yaaa logik saza… !!! Lha kalau dikasih CDI unlimiter …. enginenya bakalan ‘menyalak’… dan ujung-ujungnya keausan part akan lebih cepat… lha bakalan repot thoo dengan garansi …!!! CDI racing pun ada macamnya… ada yang tinggal plug and play… alias punya mapping yang ‘best practice’ … dan ada juga yang perlu settingan segala …!!!
CDI dual band… sesuai namanya… berarti punya 2 kurva… !!! Biasanya perpindahan mapping kurva… bisa dilakukan dengan saklar / switch …!!! Hal ini biasa jika dilakukan di balap / race misalnya… !!! Dalam keadaan off alias switch tidak di on,… maka kurva pengapian standard aza… Misalnya saza sewaktu RPM masih 2000 maka pengapian di set 15 derajat… namun jika sudah naik misalnya 3000RPM pengapian menjadi 27 derajat misalnya… !!! Naagh jika kurva 2 diaktifkan, maka sewaktu RPM menyentuh 3000 misalnya maka pengapian bukan lagi 27 derajat.. namun sudah 29 derajat… sebelum titik mati atas (TMA)…  !!!
Implikasi dari CDI model ini… yaagh tentu saza motor menjadi responsif… !!! CDI pun di pasaran juga bermacam-macam… ada yang hyperband… dalam artian  range RPM nya lebar banget… sampai 20 rebu RPM … tinggal disetting aza… !!! Bagaimana dengan moge … ??? Yaagh mirip aza laagh… namun semuanya diatur oleh ECU… lebih kompleks aza laagh… !!! Pengalaman gue menggunakan CDI racing… yaaagh RPM gampang banget untuk naik…. berbeda jauh dengan CDI standard … yang relatif lebih memikirkan long lasting dari komponen engine …!!!
Last,… CDI Indonesia… seperti BRT, Rextor sudah juga diperhitungkan di kancah Asia Tenggara… !!! Di Malaysia ataupun Philippines… CDI Indonesia ini bisa bersaing dengan CDI buatan Negeri Gajah Putih… !!! So,.. jika ada regulasi yang mendukung … pasti industri part Indonesia bisa berkibaaar… betul …??? :D