Cara Mengubah Dvd Ke MP4




Apa yang Anda lakukan ketika Anda merasa bosan terhadap rutinitas sehari-hari? Beberapa di antara Anda mungkin memilih untuk menonton film di bioskop untuk sekedar melepas rasa penat yang ada. Terlebih jika film yang sedang diputar merupakan film bermanfaat dan juga merupakan film yang telah Anda nantikan sejak lama.
Namun, bagaimana jika Anda tidak memiliki waktu luang untuk menonton film tersebut karena tiba-tiba terdapat satu atau dua hal lain yang tidak memungkinkan Anda untuk melakukannya? Salah satu alternatifnya adalah dengan menonton melalui DVD player.
Sayangnya, solusi alternatif ini juga tidak dapat Anda wujudkan, karena kepingan DVD yang baru saja Anda beli tiba-tiba tidak dapat terbaca pada perangkat DVD player atau optical drive komputer Anda. Kemungkinan, terjadi gangguan pada perangkat pembaca tersebut. Jika hal ini terjadi, maka Anda dapat mencoba menggunakan perangkat optical drive lainnya atau menggunakan optical drive eksternal. Untuk melakukannya, tentu Anda harus memiliki atau menyediakan perangkat tersebut. Apabila Anda tidak memilikinya, maka lagi-lagi Anda perlu mencoba alternatif yang lain.
Solusi alternatif lain yang Anda miliki untuk dapat menonton film favorit Anda adalah dengan mengkonversi file yang terdapat pada kepingan DVD menjadi sebuah file video. Dengan melakukan hal ini, Anda tidak membutuhkan sebuah DVD player atau optical drive untuk memutar DVD (meski Anda akan tetap membutuhkannya selama proses pemindahan file ke dalam komputer).
Untuk melakukan hal ini, tentu saja Anda membutuhkan sebuah software yang tepat. Salah satu software yang dapat Anda gunakan untuk mengkonversi DVD menjadi sebuah file yang dapat dijalankan pada komputer adalah HandBrake.

HandBrake merupakan sebuah aplikasi converter open source yang dapat Anda gunakan untuk mengkonversi DVD (DVD video) menjadi file MPEG/MP4, AVI, dan juga beberapa format multimedia lainnya. Anda dapat mengubah DVD ke MPEG (MP4) yang dapat dinikmati di mana pun, dan dengan format yang lebih mudah dimainkan dengan menggunakan software ini.
Handbrake bersifat open source, yang memiliki makna bahwa kode yang membangun alias source code aplikasi ini tersedia secara bebas bagi siapa saja yang menginginkannya. Pengguna dapat secara bebas mendownload, menggunakan, memodifikasi, dan juga mendistribusikannya tanpa dipungut biaya sepeser pun (sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku) untuk mengubah DVD ke MPEG (MP4).
HandBrake DVD to MPEG/MP4 converter juga merupakan aplikasi yang bersifat lintas platform (cross-platform). Artinya, HandBrake dapat digunakan pada berbagai platform sistem operasi komputer yang tersedia, seperti pada sistem operasi Windows, Linux, dan juga Mac. Dengan kata lain, apapun sistem operasi yang Anda gunakan saat ini, Anda tetap dapat menggunakan aplikasi HandBrake.

Sama seperti aplikasi lainnya, HandBrake DVD to MPEG converter juga tidaklah sempurna. Sebuah masalah akan timbul ketika Anda ingin mengkonversi kepingan DVD yang telah dilengkapi dengan fitur copy protection atau digital protection. Apa masalah yang terjadi?
Anda mungkin akan merasa kesulitan ketika harus mengkonversi DVD yang telah dilengkapi fitur digital protection. Masalah ini akan muncul karena Anda akan membutuhkan bantuan sebuah aplikasi eksternal untuk melakukannya.
Ya, HandBrake tidak dapat melakukan proses konversi secara langsung pada jenis DVD ini, melainkan membutuhkan aplikasi decoder untuk mengatasinya. Selebihnya, aplikasi HandBrake tidak kurang suatu apapun dalam fungsionalitas utamanya.

0 komentar: